lebistrotducoin.net merupakan blog yang bisa membuat informasi menarik adan juga bisa membuat wawasan anda menjadi terbauka.

Selasa, 13 Oktober 2020

Resep olahan cumi mudah saja ditemukan di internet. Pasalnya, cumi adalah salah satu jenis seafood yang sangat disukai. Bukan hanya karena mudah ditemukan di pasar ikan lokal maupun penjual ikan, tapi rasanya juga nikmat.

 

Kebanyakan orang berpikir memasak cumi hanya tinggal masukkan ke wajah dan dibumbui saja. Padahal tidak segampang itu mendapatkan cita rasa cumi yang enak di lidah. Banyak yang kesulitan menjaga tekstur daging cumi tetap renyah setelah dimasak. Berikut beberapa tips mengolah daging cumi sehingga tetap renyah.

 

Ingin Cumi Enak dan Renyah, Ini 5 Tips Mengolah Dagingnya

Mengolah Cumi Agar Tidak Alot

Memasak cumi bukan perkara mudah, apalagi jika Anda pertama kali mengolahnya. Apabila tidak menggunakan cara yang tepat, daging cumi bisa menjadi keras dan alot saat digigit. Untuk menghindari hal tersebut, beberapa cara ini bisa digunakan:

 

1.     Saat Membeli Cumi, Pilih Cumi Segar dan Bersihkan dengan Benar

Cumi segar memiliki warna daging putih dengan semburat coklat kemerahan dan permukaan daging mulus tanpa robekan. Sebelum diolah atau disimpan bersihkan kantong tinta dan tulang rawan dari dalam cumi, bisa dilakukan dengan cara menarik melepas kepala cumi dan menarik kantong dan tulang dari luar atas tubuh cumi.

 

2.     Gunakan Jeruk Nipis untuk Menghilangkan Amis

Perasan jeruk nipis merupakan andalan para ibu untuk menghilangkan amis ikan dan juga bisa digunakan pada cumi. Sebelum diolah, lumuri daging cumi dengan perasan jeruk nipis kemudian diamkan 10-15 menit dan cumi siap diolah.

 

3.     Rebus Cumi di Air Mendidih

Agar daging cumi tidak alot, Anda bisa menggunakan air mendidih. Caranya dengan memasukkan cumi ke dalam air mendidih dan biarkan selama 1-3 menit, lalu angkat dan tiriskan. Kemudian, cumi siap diolah sesuai resep olahan cumi yang diinginkan. Selain menjaga tekstur daging cumi, cara ini juga mempersingkat waktu memasak.

 

4.     Celupkan Cumi dalam Air Es

Cumi yang sudah direbus sebentar di air mendidih bisa disimpan untuk dimasak lain waktu, tapi sebelum menyimpannya celupkan dahulu ke dalam air es. Biarkan selama 1-3 menit sambil dibolak-balik, tiriskan, kemudian simpan dalam wadah tertutup dan masukkan ke dalam freezer.

 

5.     Masukkan Cumi di Saat Terakhir

Sebenarnya, memasak cumi tidak boleh terlalu lama karena akan membuat dagingnya alot. Cumi sebaiknya hanya dimasak dalam waktu singkat. Masukkan bumbu terlebih dahulu, setelah bumbu matang baru masukkan daging cumi dan dimasak hanya selama 3-5 menit saja.

 

Apabila memasak cumi dengan cara dibakar atau dipanggang, paling mudah jika cumi dibakar dahulu. Namun, apabila langsung dibakar mentah memerlukan waktu memasak lebih lama lagi, bisa 5 sampai 10 menit.

 

Meskipun memasak cumi tidak mudah, tapi jangan takut mencoba. Menyediakan masakan lezat dan bergizi juga bagian penting dalam dunia parenting. Sekarang Anda bisa mengkreasikan berbagai resep olahan cumi tanpa takut akan terasa alot dan keras saat dikonsumsi.

Oktober 13, 2020   Posted by lia

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter

Search